Posts

Showing posts from September, 2012

pat ngiat pan (mooncake festival)

Image
pat ngiat pan (bulan 8 tanggal 15 imlek) tahun ini jatuh tanggal 30 september 2012 biasanya ada festival kue bulan yang pernah saya bahas di page sebelumnya sehingga disini saya hanya  memberi tahu tanggal saja.



biasanya festival kue bulan / mooncake festival bertepatan dengan hari raya dewa bumi (hok tek ceng sin/ tu ti pak kung/ tua pek kong) dimana umat tridharma (tao, kong hu chu, & budha) akan merayakan. Zaman dahulu tradisi sembahyang ini sebagai ucapan syukur atas panen yang mereka terima di China karena dulu rata-rata pekerjaan masyarakat China sebagai petani. Hubungan dengan tanggal ini adalah tanggal panen.

sekian infonya!

Realitas kehidupan

jika kalian senang mengamati orang disekitar anda maka anda akan melihat bahwa sebenarnya mereka itu terkadang membosankan dan berbicara hal yang tidak penting. menurut saya yang penting itu pengetahuan umum dan agama. Kalau sekolah menurut saya relatif tergantung dari sisi mana.

Hari-hari bisa terlihat pagi bangun siang kerja sore pulang malam tidur dari senin-jum'at kecuali libur terasa seperti membosankan dan kita melakukan suatu hal yang sungguh relatif. sebenarnya jika kita kerja perlu uang, tapi kan uang ga penting juga kalau mati ga bisa dibawa.  

jadi menurut saya mulai sekarang berkata hanya hal yang penting saja. kalau yang ga penting contohnya seperti :
ani : hai, sin !
sinta : hai, ani !
basi-basi juga hal yang sangat ga penting, apaan tuh hai sin, hai ni, Haiti aja sekalian.

contoh lain :
orang lain : lu kok bego banget sih !
itu juga ga perlu dijawab karena ga penting, intinya segala hal yang berhubungan dengan penghinaan tidak perlu dijawab karena beberapa orang hanya cukup…

Bahasa Hakka - penggunaan kalimat tanya

Penggunaan kalimat tanya dalam bahasa hakka memiliki struktur tersendiri disini akan saya bahas lebih lanjut untuk :

A. siapa (ma ngin)
1. ki ma ngin ? (dia siapa ?)
dalam hal ini kata "ma ngin" adalah baku dan di depan kata ini hanya dapat ditambahkan subjek saja contoh lain :
     - ngi ma ngin ? (kamu siapa)
     - pakai nama = andi ma ngin ? (andi siapa)

B. apa (ma kai)
1. ma kai ?
maksudnya hal ini hanya digunakan untuk menanyakan hal yang berhubungan dengan barang, objek contoh :
     - ma kai tung si ? (barang apa)
     - ma kai shu ? (buku apa)

C. bagaimana (nyom pen)
1. nyom pen ?
maksudnya kata ini digunakan untuk menanyakan bagaimana atau hal untuk menanyakan suatu proses kejadian.
contoh :
     - nyom pen hiau ? (bagaimana bisa)
     - ngi oi nyom pen ? (kamu maunya bagaimana)

D. Mengapa (co mai)
1. kata ini digunakan hanya untuk menanyakan alasan dan menjawab .
menanyakan alasan, contoh :
    - ngi co mai mo hi mall ? (kamu kenapa ga pergi ke mall)
menjawab, contoh :
    a : andi, lo…

Ganti agama

zaman sekarang adalah zaman modern, maju dan rata-rata orang mempunyai tujuan mengembangkan imu pengetahuan dan teknologi untuk kemakmuran umat manusia. Dalam hal ini manusia modern mulai melepas diri dari adat yang mengikat termasuk agama.

manusia zaman sekarang umumnya terpengaruh budaya yang ingin menghalalkan segala cara. Dalam hal ini maksudnya ganti agama. Agama yang diberikan kita sejak lahir adalah baik adanya, maksudnya Tuhan memberi kita agama agar iman kita ini diujikan agar mampu pertahankan agama. 

Agama lain diciptakan hanya sebagian dari seluruh ujian yang dilancarkan Pencipta. Ganti agama hal ini tentu bukan hal yang tabu, anda sekalian pati pernah mendengarnya. Orang zaman sekarang mudah berganti agama karena faktor iman yang tak kuat di zaman serba maju ini.

Mudah terpengaruh lingkungan, ikut-ikutan dan lainnya. Dan lainnya maksudnya orang zaman sekarang maunya enak tidak mau lagi terikat agama dan budaya/adat yang terlampau mengikat sehingga tidak bisa bergaul lebih me…

Tidur hal yang penting

Saat sekarang tanpa anda sadari hal yang sepele dapat menjadi sangat penting contohnya tidur, duduk sejenak, berjalan dan lainnya. kalau tidak percaya coba saja anda tidur sehari 4 jam di bawah pengaruh stress maka anda bangun akan tidak fresh.

sekarang saya akan share pengalaman saya siapa tahu akan menjadi jalan keluar dan bisa membantu anda tidur berkualitas. pertama saat ingin tidur ada durasi kalanya :
anak-anak 8 jam
dewasa 6 jam

kesimplannya makin tua seseorang maka semakin lamanya tidur akan berkurang. pertama jika ingin tidur dan saat anda bangun anda akan merasa fresh jangan memikirkan hal-hal lain, saat mau tidur jangan memikitkan stress atau apapun yang dapat membuat anda pusing atu lupakan beban sebelum tidur.

hendaknya jangan tidur larut malam, usahakan dibawah jam 9 malam. Dan juga tidur siang dapat meningkatkan kualitas hidup yang baik. Jika anda sudah melakukan hal diatas meskipun simple anda mampu mempraktekkannya. Saya telah mencoba nya dan akhirnya sungguh baik saat ban…

Satu Tuhan Satu Allah

Agama di dunia ini memiliki berbagai macam agama yang cukup berbeda satu dengan yang lain dimana tentu ada satu agama yang mengajarkan satu hal ini berbeda dengan kepercayaan lainnya. Disini saya ingin menyimpulkan bahwa sebenarnya meskipun ada banyak agama ada ajaran berbeda 360 derajat pun disini terdapat suatu nilai yang hendaknya mampu kita ambil.
misalkan hal yang paling nge-trend dilakukan adalah "ganti agama". Sekarang manusia kurang beriman dan mudah terpengaruh dengan agama dan ajaran kepercayaan lainnya. Tuhan menciptakan berbagai macam hal ini dengan satu tujuan untuk menguji kesetiaan manusia terhadap ajaran agama masing-masing tiap agama.
Manusia zaman sekarang hendaknya boleh setia namun jangan fanatik karena fanatik dengan setia itu berbeda orang yang setia dengan agamanya akan menjalankan ajaran baik agamanya dan orang yang fanatik (fana=duniawi) pasti akan berhubungan dengan duniawi, maksudnya orang yang fanatik hanya ikut-ikutan, pengetahuan kurang, dan pemik…

Visual Neraka

Pasti anda-anda akan bertanya jika ada berbagai macam agama dan kepercayaan maka bagaimana neraka masing-masing agama, apakah sama atau dipisah per agamanya ?

Untuk menjawab pertanyaan ini saya pernah mencari tahunya di internet kurang lebih hasilnya adalah setiap orang yang berbeda agama jika ia akan masuk neraka atau surga menurut kepercayaan maka mereka akan melihat neraka atau surga itu berdasarkan visual neraka dalam pikirannya. sebenarnya neraka itu sama hanya ada satu hanya saja orang-orang yang memandangnya berbeda sesuai agama atau kepercayaan.

contohnya : jika si A beragama 1 dan si B beragama 2 maka menurut cerita neraka dan surga menurut A dan B tentu berbeda wujud Tuhan atau pun dewanya. Jika suatu saat si A meninggal kelak ia akan melihat neraka layaknya ajaran dari agama 1 dan begitu juga dengan si B. 

Disini saya ingin menyimpulkan bahwa apapun agamanya Tuhannya hanya satu "Pencipta" mungkin setiap orang memiliki visual dan persepsi sesuai ajaran agama masing-ma…

tang ki

Image
tang ki/ta tung/lok thung adalah orang yang mampu menjadi medium agar dapat dimasuki  dewa maupun orang meninggal tergantung dari kemampuannya. biasanya seorang tang ki merupakan orang yang bersih (vegetarian, tidak makan daging terutama sapi, domba, dan kambing) biasanya mereka bermeditasi sehingga mampu dimasuki dewa. 


orang tersebut biasanya bermediatsi di depan altar kemudian ada orang lain yang baca keng. kemudian ia dimasuki dewa. ada yang juga dimasuki roh leluhur (saya bahas yang ini) kalau yang ini saya pernah lihat langsung dan biasnya tang ki ga  bisa pura' karena akan ketahuan. waktu itu saya pernah lihat kebetulan saya juga kenal. jadi hari itu ia dimasuki oleh roh leluruh saya dan itu mirip sekali.

dari suara, bahasa (hakka) padahal ia ga bisa bahasa hakka. dan yang pasti jika ditanyakan ia mampu menjawab pertanyaan yang sama dengan selama ia hidup. penah ditanya suatu kali (waktu itu diundang) di "alam sana bagaimana" katanya yang pasti ia perlu persembahan …

Neraka (hari-hari awal setelah kematian)

Dalam kepercayaan umat tridharma/tiga ajaran mungkin umumnya mengetahui bahwa jika orang yang baru meninggal maka perlu dilakukan upacara 3 hari, 7 hari, 1 tahun, dll. biasanya mereka mengira bahwa jika yang sudah meninggal setelah dilakukan upacara tersebet maka ia akan tenang dan tidak melewati siksa neraka. 

sebenarnya disini menurut saya siksa neraka itu ada belum tentu orang yang sudah meninggal belum cukup dilakukan doa seperti itu pasalnya tidak semua orang yang tidak berdosa kebanyakan berdosa baik ringan maupun berat. jadi intinya jika ada orang yang baru meninggal biasanyakan ada bakar rumah-rumahan atau aksesoris lainnya (bagi yang mampu) mengira akan bahagia di alam sana.

sedangkan ada kalanya orang yang sudah meninggal akan menjalani kehidupan seperti manusia namun di neraka seperti tentu bisa makan, menikah, punya anak dll sama seperti di bumi hanya dalam bentuk roh. mereka juga bekerja apa yang kita persembahkan mereka ambil hawa positifnya. tapi itu jika tingkat neraka y…

lirik Nan hai guan yin pu tuo shan (4/8)

Image
lirik guan yin keng




















Nan hai pu tuo shan yi zao Wei wei bai bao gu feng Zu ta lian huai bi po zhong Bi po zhong shui jin gong Shui jin gong li duan yan zuo Duan yan zuo ding jin rong Jin rong ti gua yu ling long Yu ling long a zhu cui nong Zi jin miao xiang nan miao hua Nan miao nan hua wu qiong Wu qiong wu jin du zhong sheng Du zhong sheng zhu fan long Guan yin da shen da ci zun Guan yin du zhong sheng
diulang' lihat video http://www.youtube.com/watch?v=Yht5lugzZSA&feature=player_detailpage
sumber : youtube

lirik Huan xi gan lu (2/8)

Image
lirik guan yin keng





















Long tian fu fa zhan liang bian Zhu fo pu sha huan xi tian Bao you bao you qi gang tai Bao you bao you qi gang tai Guan yin pu sha guan yin pu sha Da ci da bei guan yin pu sha Huan xi ri huan xi tian Zhu fo pu sha huan xi tian Bao you bao you tai min an Bao you bao you feng hao yu shun Guan yin pu sha guan yin pu sha Da ci da bei guan yin pu sha Xiang hua ying hua qing Zhu fo pu sha jie gong qing Bao you bao you he jia ping an Bao you bao you he jia ping an Guan yin pu sha guan yin pu sha Da ci da bei guan yin pu sha
lihat video http://www.youtube.com/watch?v=ZHcCCtYKMSo&feature=player_detailpage
sumber : youtube

Kloning

kloning merupakan artikel yang saya cukup sukai, saya telah merangkum kloning yang telah berhasil diterapkan pada hewan dan saya dapatkan sumber-sumbernya dari : google, wikipedia, dan blog-blog lainnya. langsung saja untuk pengetahuannya !


Kloning berasal dari kata ‘clone’, artinya mencangkok. Secara sederhana bisa dipahami, teknik ini adalah cara reproduksi vegetatif buatan yang dilakukan pada hewan dan atau manusia

Kloning pada domba dolly : µpengambilan sel puting susu seekor domba : sel somatis . Dari domba betina lain diambil sebuah ovum yang kemudian dihilangkan inti selnya. penyatuan dua sel tersebut dengan memberikan kejutan listrik yang menyebabkan ‘terbukanya’ membran sel telur sehingga kedua sel bisa menyatu. Dari langkah ini telah diperoleh sebuah sel telur yang berisi inti sel somatis. Ternyata hasil fusi sel memperlihatkan sifat yang mirip dengan zigot, dan akan mulai melakukan proses pembelahan.

µKemudian zigot tersebut akan ditanamkan pada rahim induk domba betina, sehing…

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

kalo cuma main terus bisa rusakin tubuh sama komputer lebih baik baca dahulu nih artikel saya yang sudah sesuai dengan judulnya, langsung aja nih !
Posisi pengguna dan cara penggunaannya yang aman : a.Jarak antara mata kita dengan layar monitor adalah minimal 2 kali diagonal layar monitor. b.Posisi tubuh harus tegak agar dapat bekerja lebih lama dengan computer. c.Lakukan gerakan tubuh setelah bekerja selama 1-2jam secara terus menerus. d.Beristirahatlah selama 15-30 menit setelah bekerja selama 4-5 jam secara terus menerus. e.Jika kita sudah terbiasa menghabiskan banyak waktu di depan computer biasakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin dalam porsi yang lebih banyak.
Instalasi listrik dan kebersihan : a.Gunakan stabiliser yang memiliki daya yang cukup bagi computer kita. b.Jangan letakan computer di lantai minimal gunakan alat yang terbuat dari bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik (karet dan kayu). c.Instalasi kabel semua perangkat computer harus terlindung…

Sistem Ekonomi yang pernah dianut oleh Indonesia

menurut saya nih tugas yang paling ribet cari di internet cuma ada setengah-setengah jarang ada yang lengkap saya cari dan saya edit serta saya gabunggkan dari internet inilah hasil dari saya :


A. SEBELUM KEMERDEKAAN
sistem merkantilisme (1600-1800) alasan berganti ke sistem ekonomi ini : menguntungkan pihak VOC dengan menguasai perekonomian setiap kerajaan di Indonesia menggunakan kebijakan-kebijakan yang pada akhirnya bersifat memaksa karena pada zaman itu VOC datang ke Indonesia sebagai perusaahan dagang resmi pemerintah Hindia Belanda.
Cultuurstelstel/sistem  tanam paksa atau sistem monopoli (1830-1870) Alasan berganti ke sistem ekonomi ini : menguntungkan bagi Belanda, apalagi dipadukan dengan sistem konsinyasi (monopoli ekspor)yang bertujuan  seluruh kerugian akibat perang dengan Napoleon di Belanda tergantikan berkali lipat, serta meningkatkan kesejahteraan kepada Belanda sebagai kapitalis.
Sistem Ekonomi Pintu Terbuka (Liberal) 1870-1942 Alasan berganti ke sistem ekonomi ini : adany…

pat ngiat pan 八 月 半 mooncake festival

pat ngiat pan (八 月 半)  [bahasa hakka] yang berarti bulan 8 tanggal 15 tanggal imlek. pat ngiat pan biasanya umat tionghoa melakukan sembahyang bulan dan juga ini merupakan festival musim gugur. Dimana saat dahulu di Cina ada beberapa versi kenapa bisa timbul festival ini (zhong qiu jie) :
   versi pertama : festival ini jatuh pada pertengahan musim gugur sehingga merupakan musim panen bagi petani yang berada di empat musim (negara agraris) seperti China mereka melakukan festival ini melambangkan ucapan syukur kepada dewa bumi atas panen yang mereka terima.
  versi kedua : sepertinya versi kedua ini sudah cukup populer yang dimana hampir semua orang tahu cerita tentang dewi bulan. Nih yang saya tahu, pada dahulu kala ada seorang pemanah terjitu dari kahyangan bernama hou yi dan ia memiliki istri bernama chang 'e. suatu hari pada zaman dahulu di alam semesta memiliki 10 matahari dimana jika musim dingin menghangatkan dan saat musim panas tentu sangat terik.
kemudian hou yi memanah mataha…