music

Wednesday, 5 September 2012

Kloning

kloning merupakan artikel yang saya cukup sukai, saya telah merangkum kloning yang telah berhasil diterapkan pada hewan dan saya dapatkan sumber-sumbernya dari : google, wikipedia, dan blog-blog lainnya. langsung saja untuk pengetahuannya !


Kloning berasal dari kata ‘clone’, artinya mencangkok. Secara sederhana bisa dipahami, teknik ini adalah cara reproduksi vegetatif buatan yang dilakukan pada hewan dan atau manusia


Kloning pada domba dolly :
µ          pengambilan sel puting susu seekor domba : sel somatis . Dari domba betina lain diambil sebuah ovum yang kemudian dihilangkan inti selnya.
  penyatuan dua sel tersebut dengan memberikan kejutan listrik yang menyebabkan ‘terbukanya’ membran sel telur sehingga kedua sel bisa menyatu. Dari langkah ini telah diperoleh sebuah sel telur yang berisi inti sel somatis. Ternyata hasil fusi sel memperlihatkan sifat yang mirip dengan zigot, dan akan mulai melakukan proses pembelahan.


µ  Kemudian zigot tersebut akan ditanamkan pada rahim induk domba betina, sehingga sang domba tersebut hamil. Anak domba yang lahir itulah yang dinamakan Dolly, dan memiliki sifat yang sangat sangat mirip dengan domba donor sel puting.


Kehidupan domba dolly setelah lahir
 Domba dolly hidup dengan sehat namun ia mudah terserang penyakit, ia hidup hanya 6 tahun (rata-rata umur domba normal). Domba dolly mati karena mengalami pemendekan telomere (suatu pengulangan sekuen DNA yang biasa didapati diujung akhir sebuah kromosom).



Hewan cloning selain domba dolly :

1. Tikus bernama cumulina
    Tikus ini merupakan hasil cloning universtas hawai pada tahun 1998 yang pertama dari 50-an tikus identic sepanjang 3 generasi. Dinamakan cumulina karena ia dibuat dari DNA sel-sel cumulus yang mengelilingi telur yang sedang berkembang di indung telur tikus betina. Cumulina merupkan tikus hasil cloning yang menggunakan sel-sel dewasa sehingga dapat bertahan hidup hingga masa dewasa dan menghasilkan 2 indukan super sehat.

2. Kucing bernama CC
   CC (carbon cpoy) lahir pada tahun 2001. CC merupakan hewan peliharaan pertama yang dikloning. Melalui keberhasilan cloning CC diharapkan agar para pemiliki hewan peliharaan dapat membangkitkan kembali hewan peliharaan kesayangan keluarga yang telah mati. Namun sang indukan (rainbow) memiliki rambut berwarna putih dengan bintik coklat , coklat muda dan keemasan dan bertubuh gemuk. Namun CC terlahir dengan tubuh yang berambut putih dengan belang abu-abu serta bertubuh ramping. Rainbow memiliki sifat pendiam namun CC memiliki sifat suka bermain.
   Kata kloning, dari kata Inggris clone, pertama kali diusulkan oleh Herbert Webber pada tahun 1903 untuk mengistilahkan sekelompok makhluk hidup yang dilahirkan tanpa proses seksual dari satu induk. Secara alami kloning hanya terjadi pada tanaman : menanam pohon dengan stek.

3. Gaur (Bos Gaurus) Bernama Noah
   Noah, hewan gaur (spesies dari Asia Tenggara yang mirip bison), merepresentasikan percobaan pertama yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengkloning hewan yang terancam punah. Para ilmuwan di Amerika berharap bisa mengambil langkah besar dalam upaya melindungi spesies yang terancam punah dengan melahirkan kloningan gaur di sebuah peternakan di Iowa. Namun Noah mati sesaat setelah lahir pada tahun 2001.

4. Vandyk K Integ Paradise
   Hewan ini merupakan salah satu dari tiga yang dikembangkan dari sel-sel yang diambil dari sapi yang memenangkan berbagai perlombaan bernama Vandyk K Integ Paradise di Amerika. Embrio-embrio yang dibekukan dari kloning tersebut ditanamkan pada induk-induk pengganti di Inggris. Vandyk-K Integ Paradise 2 menjadi pusat pembicaraan ketika daging dari keturunan kloning tersebut masuk pasaran.

Sejarah kloning
  Sejarah tentang hewan kloning telah muncul sejak tahun 1900, tetapi hewan kloning baru dapat dihasilkan lewat penelitian Dr. Ian Willmut seorang ilmuwan skotlandia pada tahun 1997, dan untuk pertama kali membuktikan bahwa kloning dapat dilakukan pada hewan mamalia dewasa. Hewan kloning tersebut dihasilkan dari inti sel epitel ambing domba dewasa yang dikultur dalam suatu medium, kemudian ditransfer ke dalam ovum domba yang kromosomnya telah dikeluarkan, yang akhirnya menghasilkan anak domba kloning yang diberi nama Dolly.


Dampak negatif kloning :
  1. Membuat manusia menjadi sombong.
  2. Membuat manusia hanya berasal dari 1 gen sehingga mengurangi keanekaragaman manusia.
  3. Kemungkinan gagal suatu kloning dapat menyebabkan kesengsaraan bagi mahkluk hidup yang dikloning.
  4. Kerusakan DNA yang dapat menyebabkan mahkluk hidup yang dikloning tidak berumur panjang.

Dampak positif kloning :
  1. Memajukan bidang sains
  2. Melestarikan satwa langka
  3. Menghidupkan kembali tokoh dunia yang disukai masyarakat.
semoga bermanfaat !







No comments:

Post a Comment