music

Saturday, 15 September 2012

tang ki

tang ki/ta tung/lok thung adalah orang yang mampu menjadi medium agar dapat dimasuki  dewa maupun orang meninggal tergantung dari kemampuannya. biasanya seorang tang ki merupakan orang yang bersih (vegetarian, tidak makan daging terutama sapi, domba, dan kambing) biasanya mereka bermeditasi sehingga mampu dimasuki dewa. 

flickrhivemind.net

orang tersebut biasanya bermediatsi di depan altar kemudian ada orang lain yang baca keng. kemudian ia dimasuki dewa. ada yang juga dimasuki roh leluhur (saya bahas yang ini) kalau yang ini saya pernah lihat langsung dan biasnya tang ki ga  bisa pura' karena akan ketahuan. waktu itu saya pernah lihat kebetulan saya juga kenal. jadi hari itu ia dimasuki oleh roh leluruh saya dan itu mirip sekali.

dari suara, bahasa (hakka) padahal ia ga bisa bahasa hakka. dan yang pasti jika ditanyakan ia mampu menjawab pertanyaan yang sama dengan selama ia hidup. penah ditanya suatu kali (waktu itu diundang) di "alam sana bagaimana" katanya yang pasti ia perlu persembahan ia sedang berada di jembatan (kurang lebih begitu). seorang roh leluhur melalui tang ki bisa meminta makanan yang diinginkan olehnya.

begitu kurang lebih soal tang ki (roh leluhur). kalau di singapura sering ada tuh upacaranya namanya ghost hungry festival dimana dipercaya bahwa jika pada tanggal 15 bulan 7 imlek selama 1 bulan kedepan roh leluhur bebas kemana saja di bumi. biasanya di singapura paling banyak tang ki yang melakukan prakteknya di kuburan malam'. bisa dilihat di you tube disini.


semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment