music

Saturday, 15 September 2012

Neraka (hari-hari awal setelah kematian)

Dalam kepercayaan umat tridharma/tiga ajaran mungkin umumnya mengetahui bahwa jika orang yang baru meninggal maka perlu dilakukan upacara 3 hari, 7 hari, 1 tahun, dll. biasanya mereka mengira bahwa jika yang sudah meninggal setelah dilakukan upacara tersebet maka ia akan tenang dan tidak melewati siksa neraka. 

sebenarnya disini menurut saya siksa neraka itu ada belum tentu orang yang sudah meninggal belum cukup dilakukan doa seperti itu pasalnya tidak semua orang yang tidak berdosa kebanyakan berdosa baik ringan maupun berat. jadi intinya jika ada orang yang baru meninggal biasanyakan ada bakar rumah-rumahan atau aksesoris lainnya (bagi yang mampu) mengira akan bahagia di alam sana.

sedangkan ada kalanya orang yang sudah meninggal akan menjalani kehidupan seperti manusia namun di neraka seperti tentu bisa makan, menikah, punya anak dll sama seperti di bumi hanya dalam bentuk roh. mereka juga bekerja apa yang kita persembahkan mereka ambil hawa positifnya. tapi itu jika tingkat neraka yang terakhir saya lupa namanya tapi ada satu kota di neraka seperti itu.

umumnya mereka bekerja sebagai petani dan mereka bisa meninggal lagi. biasanya itu khusus bagi orang yang sudah dibersihkan dosa nya melalui siksa neraka. jika belum berarti masih mengalami siksa neraka, masalahnya kan kita tidak tahu apakah alm. sudah tenang atau belum (kecuali ada tang ki yang bersedia).

menurut saya sih yang terbaik ada kalanya kita sebagai sanak / orang dekat mendoakannya sering' saja. penjelasan tang ki akan saya bahas di lain page.
semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment