music

Monday, 3 September 2012

pat ngiat pan 八 月 半 mooncake festival

pat ngiat pan (八 月 半)  [bahasa hakka] yang berarti bulan 8 tanggal 15 tanggal imlek. pat ngiat pan biasanya umat tionghoa melakukan sembahyang bulan dan juga ini merupakan festival musim gugur. Dimana saat dahulu di Cina ada beberapa versi kenapa bisa timbul festival ini (zhong qiu jie) :

   versi pertama :
festival ini jatuh pada pertengahan musim gugur sehingga merupakan musim panen bagi petani yang berada di empat musim (negara agraris) seperti China mereka melakukan festival ini melambangkan ucapan syukur kepada dewa bumi atas panen yang mereka terima.

  versi kedua :
sepertinya versi kedua ini sudah cukup populer yang dimana hampir semua orang tahu cerita tentang dewi bulan. Nih yang saya tahu, pada dahulu kala ada seorang pemanah terjitu dari kahyangan bernama hou yi dan ia memiliki istri bernama chang 'e. suatu hari pada zaman dahulu di alam semesta memiliki 10 matahari dimana jika musim dingin menghangatkan dan saat musim panas tentu sangat terik.

kemudian hou yi memanah matahari hingga jatuh dan akhirnya tersisa 1 buah matahari hingga sekarang. penguasa langit [kahyangan] marah dan menurunkan hou yi dan chang 'e ke bumi untuk hidup sebagai manusia biasa. suatu hari ia mendapatkan cairan keabadian lalu ia membawa kepada istrinya dan tentu saja chang 'e sangat senang dan meminumnya hingga habis. hou yi pun panik karena tubuh chang 'e mulai terasa ringan dan terangkat ke langit. ia pun memegang apa yang ia bisa mulai dari meja, bangku, dan yang terakhir ia terbang bersama kelinci putihnya ke bulan.

hou yi pun sedih karena sudah ditinggal istrinya ke bulan. ada pula versi yang mengatakan bahwa hou yi merupakan orang pemanah terhebat pada zaman suatu dinasti versi ini masih sama menceritakan bahwa ia turut hebat dalam memanah matahari hingga tersisa tinggal 1. setelah itu kaisar memberinya cairan abadi kepada hou yi num di akhirnya versi sama dengan versi kedua ini.

semoga bermanfaat !!!


No comments:

Post a Comment