Cara Merawat Ikan Oscar

Ikan oscar adalah sejenis ikan keluarga cichild yang berasal dari Sungai Amazon dimana juga termasuk ikan predator (karnivora). Sejauh sampai hari ini, awalnya saya memliharaikan ini seukuran 3 jari dan setelah 2 tahun panjangnya mencapai 30 cm. Berikut akan saya uraikan berdasarkan pengalaman saya tentang cara perawatannya agar selalu sehat:

1. Pakan
Pakan ikan ini termasuk mudah namun tidak terlalu murah. Umpan yang saya berikan bervariasi yaitu, ikan cere, udang hidup, jangkrik, cacing beku, dan ulat hongkong. Namun apabila ikan sudah terbiasa dengan makanan hidup, maka akan sulit untuk menerima pelet. Setiap makanan akan meninggalkan kotoran pada air. 

Apabila memberi pakan anak ikan mas akan menyisakan sisik dan tulang ikan dan seringkali umpan ini membawa penyakit whitespot (demikian harus diberishkan dahulu sebelum dimasukkan ke akuarium oscar dengan memberi garam dan obat biru ada kolam karantina umpan).Umpan udang akan membuat air keruh dan untuk ulat hongkong atau jangkrik akan meninggalkan kotoran seperti sayap dan kaki-kaki jangkrik dipermukaan air.
https://budidayaternak.id/cara-ternak-ulat-hongkong/
https://www.tokopedia.com/tokoidelekdesain/cacing-beku-makanan-kura-ikan
https://www.jualtelurjangkrik.com/2016/09/tips-memilih-induk-jangkrik-unggulan.html
2. Air
Kualitas air harus dijaga kebersihannya, kalau saya mengganti 50% air dengan air pam yang sudang diendapkan atau air isi ulang langsung dapat digunakan setiap minggunya. Selain itu juga membersihkan alga yang menempel pada akuarium setelah itu saya tambahkan kembali garam akuarium sesuai ukuran akuarium (karena ikan oscar saya terlalu agresif apabila disertakan ikan sapu-sapu, maka akan dimakan juga).

3. Filtrasi
Dalam siklus air akuarium maka diperlukan penyaringan yang tepat agar ikan selalu memperoleh air yang segar dimulai dari penyaringan chemical dapat menggunakan arang kayu (hal ini untuk mencegah air akuarium yang butek atau berkabut), mechanical dapat menggunakan kapas akuarium fungsi nya untuk menyaring kotoran ikan dan sisa makanan, biological yaitu filtrasi yang berasal dari bakteri pengurai amoniak sisa kotoran ikan (umumnya bakteri secara alami akan hidup dalam akuarium, apabila mengganti air maka bakteri akan berkurang). Oleh karena itu, teman-teman dapat membeli bacteri starter di toko ikan hias dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 10.000,00.
https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/pet-food-stuff/aquarium-aksesoris/cz3mg1-jual-aqua-sehat-bakteri-starter-untuk-aquascape
https://www.indotrading.com/product/arang-kayu-keras-p239296.aspx
https://www.indotrading.com/product/arang-kayu-keras-p239296.aspx
4. Sinar Matahari
Ikan selayaknya mahkluk hidup yang lain memerlukan cahaya matahari untuk kebutuhan pigmen nya, apabila akuarium anda di indoor maka memerlukan cahaya sinar UV yang mana bohlam ini dapat dibeli di toko khusus ikan hias (yang biasanya digunakan untuk tanning ikan arwana dan louhan). Namun apabila terkena cahaya matahari, maka tidak memerlukan lampu jenis ini.
5. Luas Akuarium
Luas akuarium dapat memengaruhi pertumbuhan dan ukuran ikan. Semakin luas tempat tinggalnya, maka ikan dapat mencapai ukuran maksimalnya.

6. Waktu Pemberian Makan
Berilah makan ikan oscar pada waktu yang terjadwal. Hal ini dapat meningkatkan kedekatan anda dengan Ikan oscar dimana ikan ini dapat mengenali anda apabila saatnya diberi makan. Ikan ini akan memberikan gestur seolah-olah ingin minta makan seperti menggerakan kepalanya.

Demikian pengalaman saya dalam memelihara ikan oscar, sehubungan dengan saya juga bukan ahli maka apabila teman-teman pembaca dapat menambahkan pengalamannya mohon dibagikan dikolom komentar ya... Apabila ada kesalahan, saya mohon maaf. Terima kasih sudah membacaa!!!

Sumber: Dokumen Penulis

Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamus Hakka - Indonesia (nama hewan)

Ringkasan Cerita Sangkuriang

kamus hakka - indonesia