Cara Merawat Dwarf Gourami

Dari judulnya mungkin ada yang berpikir apakah ini sama dengan ikan Gurami yang dikonsumsi? hehehe.. tentunya tidak, karena ikan ini ukurannya kecil sekitar 6 cm dan memiliki warna yang unik dan mencolok. Ikan ini ada yang bilang masih berkerabat dengan ikan sepat, terlepas dari benar atau tidaknya saya akan membahasa tentang Cara Merawat Dwarf Gourami. Ikan ini memiliki beberapa warna, umumnya yang sering ditemui adalah:

1. Blue Pearl
https://www.thesprucepets.com/gourami-species-1381077

2. Honey 
https://fishkeepingadvice.com/honey-gourami-care/
Untuk anakan ikan ini memiliki harga dibawah Rp 10.000,- per ekornya, namun ikan ini memiliki sifat yang cukup agresif dan memiliki wilayah teritorial. Sepengalaman saya memelihara 2 ikan blue pearl dan 1 ekor honey. Setelah 1 minggu berkompetisi untuk makanan (termasuk ikan yang rakus juga) keesokan harinya saya temukan si honey dalam kondisi tinggal tulang. Berdasarkan kebiasaanya, ikan ini sangat suka kejar-kejaran antar sesamanya. 

Ikan ini hidup di perairan menengah namun dari kebiasaan makannya cenderung suka makan pelet yang sudah tenggelam di dasar akuarium (sehingga saya menggunakan pelet sinking type). Perkembangan ikan ini cenderung cepat, namun yang menjadi ciri khas dari ikan ini ada sepasang sungut dibawah perutnya. Selain rakus, ikan ini juga memiliki sifat dominan sehingga biasanya terdapat satu ikan yang cenderung berbadan besar diantara teman-teman lainnya. 

Kualitas air sangat mempengaruhi kualitas hidup ikan ini dan sebaiknya anda sediakan batu-batuan untuk ikan ini bersembunyi karena kebiasaannya hide and seek. Informasi yang saya bagikan adalah pengalaman saya selama 6 bulan memelihara ikan ini, apabila ada teman-teman yang dapat menambahkan, mohon isi kolom komentarnya ya!! terima kasih sudah membaca, maaf jika ada salah kata :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamus Hakka - Indonesia (nama hewan)

Ringkasan Cerita Sangkuriang

kamus hakka - indonesia