Kesadaran Adalah Harta Yang Terlupakan


Apa itu kesadaran? Mungkin secara harafiah dapat dipahami sebagai suatu kondisi di mana kita peka dan mengetahui terhadap lingkungan dan situasi yang ada. Kesadaran merupakan nilai yang utama, maksudnya apabila kesadaran dilaksanakan, maka akan diikuti oleh nilai-nilai yang lain. Apabila seorang individu sadar bahwa apa yang ia perbuat, maka akan muncul rasa bersalah dan keinginan untuk meminta maaf sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tindakannya.

Kesadaran merupakan hal yang sangat sederhana dan karena sangat sederhana menjadi disepelekan. Fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sangat erat dengan kesadaran. Kesadaran penting berperan dalam membangun norma yang ada. Manusia pada umumnya hidup dalam ketidaktahuan, oleh karena itu untuk memahami sesuatu lebih baik dimulai dengan menyadari keberadaan sesuatu tersebut. 

Sesuai dengan judul yang saya, yaitu “Kesadaran Adalah Harta Yang Terlupakan”. Manusia lupa bahwa untuk menggunakan akal budi dan hati nurani, manusia perlu kesadaran untuk mengetahui posisi keberadaan akal budi dan hati nurani. Terkadang akal budi dan hati nurani dilaksanakan secara terbatas dan seadanya, misalnya mengapa manusia harus mengucap maaf setelah berbuat salah? Pembaca sekalian pasti akan menjawab bahwa itu adalah bentuk pertanggung jawaban atas tindakannya dan suara hati nuraninya, menurut penulis juga demikian. Namun penulis ingin bertanya lagi, mengapa manusia tidak sadar lebih awal agar kesalahan tersebut tidak terjadi?

Terdapat perkataan yang mungkin sering kita dengar, yaitu manusia tidak luput dari kesalahan. Pernyataan tersebut ada benarnya, tetapi bagi penulis kesalahan dapat diminimalkan peluangnya. Apabila manusia terlalu berpegang terhadap pernyataan tersebut, maka ia akan menjadi manusia yang pesimis di mana hidup berdasarkan pernyataan. Akal budi dan hati nurani sudah tidak berfungsi sebagaimana dianugerahkan. Dalam posisi seperti ini penulis ingin menyampaikan bahwa alangkah baiknya mengembangkan kesadaran sebagai bentuk pengembangan potensi diri. Jangan membatasi perkembangan diri hanya sebatas pernyataan secara terbatas karena pada hakikatnya manusia unik dalam segala hal terutama pemikiran.

Kesadaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dari manusia. Kesadaran merupakan cara-cara manusia mengidentifikasikan sesuatu semacam alat deteksi. Kesadaran juga secara otomatis hadir dalam bagian manusia, seperti yang paling sering terlihat kulit memiliki saraf untuk merasa sehingga apabila api itu panas, maka akan terjadi gerakan reflek untuk menghindar sehingga manusia tidak celaka karena api. Bayangkan apabila kulit tidak dapat merasakan panas, mungkin sejak dahulu sudah penuh luka tubuh ini. 

Penulis ingin menegaskan bahwa kesadaran dalam tingkah laku dan pemikiran juga memiliki sistematika yang sama dengan bagaimana kulit mengidentifikasikan rasa panas. Terutama karena manusia merupakan makhluk sosial yang hidup bersama-sama, maka tingkah laku menjadi faktor penting dalam membina hubungan dalam masyarakat. Setiap manusia mempunyai cita-cita yang berbeda dan tentu ingin dicapai oleh masing-masing individu. Cita-cita tersebut dapat tercapai tentu didalam masyarakat secara bersama dan memerlukan bantuan antar individu. 

Dengan demikian, penulis ingin menyimpulkan bahwa didalam masyarakat yang pluralistik saja sudah menjadi suatu tantangan dalam bermasyarakat sehingga mempunyai kesadaran merupakan modal utama sebagai sarana mencapai cita-cita. Manusia tidak terlepas dari kesalahan dalam mencapai cita-cita, tapi bagaimana jika manusia dapat mencapai cita-cita dengan kesalahan yang minimal? Mungkin sulit karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Well.. pernyataan tersebut jangan dijadikan pedoman, tetapi boleh sebagai batasan agar manusia tidak sombong karena hanya lebih atau kurang. Manusia perlu hidup secara harmonis, mengelola kelebihan menjadi kebaikan dan mengevaluasi kekurangan menjadi kelebihan. Siklus tersebut akan menciptakan sinergi dalam kehidupan. Sekian opini penulis, apabila terdapat kata yang salah mohon maaf serta apabila terdapat kritik yang membangun dapat ditulis di kolom komentar! Terima kasih. 

Comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamus Hakka - Indonesia (nama hewan)

Ringkasan Cerita Sangkuriang

kamus hakka - indonesia