Manusia Kaya Sejak Lahir ?

Pada mulanya indikator kekayaan seseorang selalu terkait dengan jumlah harta benda, namun pernahkah anda berpikir apakah jika ada satu orang yang tidak memiliki harta benda, lalu ia menjadi miskin sepenuhnya ? Menurut saya tidak, karena setiap orang sudah dilahirkan dalam kondisi kaya apa maksudnya? Harta terbesar seorang manusia adalah hatinya, maka dari itu yang membedakan keistimewaan manusia dengan hewan maupun tumbuhan. 



Mungkin pada zaman sekarang kemapanan finansial menjadi definisi kaya tetapi apakah orang yang mapan secara finansial sudah pasti kaya seutuhnya? Hati adalah harta yang sesungguhnya yang dapat menginterpretasikan nilai-nilai kemanusiaan dan keilahian. Seseorang yang sadar bahwa hati adalah harta, maka ia akan memiliki perilaku seperti orang kaya. Bahkan seorang yang miskin bisa berbagi harta meskipun tidak mempunyai uang sama sekali ia dapat menggunakan hatinya untuk membantu sesama semisal hanya tersenyum sudah merupakan suatu awal yang baik. 



Di zaman sekarang apalagi di perkotaan sudah sulit menemui orang yang murah senyum, bahkan terkadang sangat mengedepankan individualitas tanpa memerhatikan sesama di sekeliling. Moralitas sudah semakin merosot, harta sudah semakin hilang. Bagaimana bisa bertahan sebagai seorang manusia yang seutuhnya? apa yang kita kejar di dunia ini? Apakah hanya uang bisa dibawa ke akhirat? istilah kaya dan miskin seperti membuka jurang kesenjangan sosial. 



Dikatakan manusia makhluk sosial tetapi di jaman sekarang sepertinya definisi itu sudah mulai bergeser. Alangkah baiknya apabila kita bisa berbagi hati kita dengan sesama dimulai dari hal yang sederhana saja untuk tersenyum dan toleransi. Sekian opini dan pandangan menurut saya, jika ada salah kata mohon maaf kritik dan saran akan sangat membangun! Terima kasih sudah berkunjung.

Comments

Popular posts from this blog

Kamus Hakka - Indonesia (nama hewan)

Ringkasan Cerita Sangkuriang

kamus hakka - indonesia