Perawatan ikan cupang

Apakah teman-teman memelihara ikan cupang?

Mungkin sudah banyak artikel yang membahas tentang merawat dan memelihara ikan cupang. Berikut adalah kesimpulan sedikit dari saya mengenai pengalaman yang saya alami semoga bermanfaat bagi kalian.

Berdasarkan pengalaman saya ikan cupang dapat tumbuh optimal jika kita memberikan tambahan daun ketapang kering yang biasanya dijual di toko ikan kedalam akuariumnya. Karena kualitas air sangat menentukan sehingga jika kita bisa menggunakan air minum seperti Aqua akan jauh lebih baik dibandingkan dengan air ledeng yang diendapkan. Penggunaan daun ketapang biasanya berpengaruh terhadap PH air.

Jika kita bisa memberikan pakan hidup seperti kutu air atau jentik nyamuk alangkah lebih baiknya dibandingkan dengan pelet. Maka dari itu kita harus rajin-rajin mencari pakannya. Memberi pakan berupa cacing sutra hidup berpotensi mengurangi kualitas air sehingga jika tidak dihabiskan oleh ikan cupang sebisa mungkin kita pisahkan dari aquarium.

Untuk usia perkembangbiakan ikan cupang yang baik adalah diatas 1 tahun. Tidak dipungkiri dalam kurun waktu 6 bulan sudah dapat dikembangbiakan namun biasanya Hasil kurang memuaskan. Untuk proses perkembangbiakannya tidak akan terlalu Saya bahas di sini karena saya berfokus pada perawatan ikan cupang.

Sebenarnya tidak sulit untuk memelihara ikan cupang karena ikan ini tidak termasuk ikan yang manja. Sesekali aquarium ikan perlu dijemur agar terhindar dari bakteri dan jamur yang ada di dalam aquarium. Dan secara logika semua makhluk hidup memerlukan cahaya matahari. Karena itu lebih baik kita Letakkan aquarium di tempat yang terkena matahari Namun bukan berarti terkena matahari secara intensif atau berlebihan.

Penambahan garam aquarium juga berfungsi untuk membunuh bakteri patogen penyebab penyakit merusaknya ekor pada ikan cupang. Untuk dosisnya bisa kalian lihat pada blog lainnya. 

Untuk pengalaman saya, saya sangat merekomendasikan daun ketapang ini Meskipun airnya menjadi kuning tetapi PH nya cukup seimbang dapat menyesuaikan dengan habitat asli ikan cupang yang berada di rawa-rawa.

Sekian artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi kalian semua Jika ada yang dapat menambahkan silakan tambahkan pada kolom komen terima kasih.




Comments

Popular posts from this blog

Kamus Hakka - Indonesia (nama hewan)

Ringkasan Cerita Sangkuriang

kamus hakka - indonesia