music

Friday, 22 May 2015

Ciater - Lembang

pernah kah temen-temen ke ciater ? ciater merupakan salah satu hotspring yang berada di lembang bandung.berikut sekilas review sekalian pengalaman saya berkunjung ke tempat ini.

pertama saya mengunjungi tempat ini karena saya pada saat itu sedang berlibur ke daerah bandung. tepat nya di jalan soekarno-hatta. perjalanan menuju tempat ini cukup jauh. dari exit tol pasir koja. 

perjalanan menuju tempat ini melewati lembang, pada saat sudah dekat terdapat perkebunan teh. nah disana juga terdapat rest area ya cukup sederhana tapi suasana nya asri dan sejuk. disana terdapat sate biawak ! wow, menurut saya ini bisa menjadi bizzare food.

terdapat juga jagung bakar, uli bakar, dan sate-sate lainnya. pertama merasakan sate biawak ini cukup alot dan baunya sih mirip ayam. saat beristirahat di rest area, terkadang ada penjual yang menjajakan strawberry.

setelah cukup beristirahat kita melanjutkan perjalanan menuju ciater, sesampainya kita parkir dan perlu sedikit berjalan untuk sampai ke lokasinya. disana terdapat banyak fasilitas dintaranya kolam renang air panas, danau kecil yg ada perahu bebek, tetapi untuk fasilitas disana terdapat biaya tambahan karena tiket masuk tidak termasuk fasilitas tersebut.

sesampainya disana terdapat sungai kecil yang mengalirkan air panas, smakin ke atas maka akan terasa semakin panas. untuk di sungai bagian bawah kita hanya bisa merendam kaki saja, jika ingin mandi dengan pancuran atau air terjun terdapat diatas, untuk fasilitas ini tidak dikenakan biaya.

kecuali untuk dibagian bawah tidak mungkin dong kita duduk ditanah, maka kita menyewa tiker kisaran 100 ribuan. disaran kan menyewa tiker dibawah gazebo, mungkin harga lebih mahal tetapi daripada kehujanan, karena cuaca tak meenentu bisa hujan dan panas tiba-tiba.

kantin tempat menjual makanan terdapat dibawah dan diatas, menurut saya lebih enak dan lengkap untuk makanan diatas. untuk harga tidak perlu khawatir karena harganya relatif standar, hanya saja untuk kopi agak mahal beberapa ribu.

makan-makan, nyumm !

toilet belakang rest area

menjual sate biawak ! baca

sungai kecil dibawah

perahu bebek

air terjun atas
sekian info dan pengalaman dari saya. semoga bermanfaat bagi kalian semua. saran dan kritik yang membangun saya sangat hargai, terima kasih !

2 comments: