music

Monday, 15 July 2013

Loris / kukang

Di jakarta terdapat banyak pasar hewan /burung yang terkadang juga menjual kukang. hewan ini matanya bersar warna bulu coklat hingga kekuningan dan juga makan pisang hewan ini sejenis primata. 

meskipun begitu harga kisaran hewan ini adalah Rp 180.000,- sampai Rp 200.000,-. hewan ini tidak repot dipelihara asal anda memiliki fasilitas yang cukup meliputi ; 
-  kandang yang tidak terlalu luas dan tinggi ada cabang kayu
-  menjaga kebersihannya kandang
-  makanan pisang tersedia 2 x sehari

hewan ini nokturnal / aktif malam hari. siang hari ia hanya tidur. aktivitasnya tidak banyak. 

hewan ini diambil dari alam liar sehingga ada yang masih liar jadi jika anda baru membeli hati-hati untuk memegangnya. ada yang liar ada juga yang mudah jinak. kebanyakan yang dijual giginya sudah digunting (taring). bukan berarti itu juga aman. 

kukang merupakan mamalia beracun ia memiliki taring dan racun terdapat di pangkal lengan untuk melindungi diri dengan cara menggosokkan taring pada lengan lalu mengigit sehingga jika kita berdarah maka racun masuk melalui pembuluh darah.

selama ini ia belum pernah mengigit saya, meski sering mencoba untuk mengigit. yang penting menurut pemantauan saya jangan buat ia kaget atau sentuh tangan/kakinya. menurut saya mungkin ia trauma saat ditangkap dulu dari alam liar dan mengalami hal yang tidak menyenangkan tetapi sejalan waktu ia mulai jinak.

kotoran dan air seni cukup bau sehingga tidak cocok dipelihara jika anda tinggal di kos-an. tidak terlalu repot untuk memeliharanya. semakin sering wajah anda sendiri yang memberi makan maka ia akan semakin kenal anda dan bau anda. cukup memandikannya jika mulai kotor tapi jangan sering-sering. karena sepertinya ia tidak suka air.








sekian semoga bermanfaat !
   

No comments:

Post a Comment