music

Monday, 15 July 2013

Makanan Khas Bangka Hakka

1. Sau cu nyuk
(sau = bakar, cu = babi, nyuk, daging) = daging babi bakar / panggang
biasanya daging babi ini dibakar dengan bumbu tertentu hingga kulit dagingnya garing dan rasanya cukup enak. Bila kita pergi ke Bangka dengan pesawat akan mendarat di Bandara Depati Amir dan depan bandara ada yang jual. Harganya kisaran Rp 200.000,- per kilogram.

2. Fung sau nyuk
 (sau = bakar, fung = merah, nyuk, daging)
hampir sama dengan sau cu nyuk hanya saja tidak dibakar dalam pembuatannya. Warna nya merah seperti namanya dan juga rasanya agak sedikit manis.

3. Cu fung moi
(cu = babi, fung = merah/darah, moi = bubur)
merupakan makanan yang bayak dijual di bangka. terbuat dari darah babi yang dimasak dengan bumbu tertentu bersama dengan bubur. Harganya juga terjangkau.

4. Mi ha koi
(mi ha = udang rebon / kecil)
terbuat dari fermentasi udang kecil dengan garam. dimakan begitu saja saat mentah bersama nasi hangat atau pun dapat dimasak tumis bersama pare, kacang panjang, tahu, labu air. rasanya asin dan amis tidak terasa pokoknya rasnya enak. warnanya pink agak ungu muda / magenta.

5. Jau su koi 
hampir sama dengan mi ha koi hanya saja bahan fermentasinya dari ikan teri dan warnanya agak abu-abu. Rasanya lebih amis sedikit dibandingkan dengan mi ha koi. biasanya dimakan saat mentah maupun dijakdikan bahan campuran tumisan.

6. Hip ng
merupakan ikan yang dimasak bersama air perasan asam. biasanya ikan yang dingakan adalah ikan air laut dan seafood = udang, cumi juga enak. masakan ini semacam pindang.

7. lempah darat 

8. kum pang cai / pempek
sebenarnya pempek merupakan tahap awal dari pembuatan kerupuk. di bangka orang memakannya yang direbus lalu dicelupkan bersama mi ha pun sui.

9. kum pang / kerupuk
ada yang digoreng, panggang dengan oven, dan juga kemplang (dibakar dengan arang). pusat pembuatan ada di desa wisata lumut / liuk fun thew.

10.  lainnya.
beberapa varian makanan yang direbus = ayam, babi, udang, cumi, kepiting.

11. Ma jiu kai
(ma jiu = minyak wijen, kai = ayam) 
merupakan ayam yang dimasak dengan arak putih dan minyak wijen. di bangka minyak wijen dapat di beli di daerah belinyu. 

12. otak
terbuat dari daging ikan dan sagu lalu dibakar dalam bungkusan daun pisang. di bangak daerah belinyu banyak menjual makanan ini.

sekian info semoga bermanfaat ! 

No comments:

Post a Comment