music

Sunday, 15 July 2012

Parkour

Parkour merupakan salah satu olahraga extreme yang cukup populer. Parkour merupakan olahraga yang memanfaatkan gerakan efektif dalam melewati berbagai rintangan. Awalnya parkour sudah tercipta namun kurang populer. David Belle, dia adalah seorang tokoh pengembang (penyebar) parkour di berbagai negara.


David berkebangsaan Prancis. Dahulu ia seorang tentara, namun ia sekarang menjadi atlet parkour yang cukup populer. Dia pernah bermain dalam film distric 13 sebagai tokoh utama, dalam film tersebut ia memunculkan aksi parkournya yang dapat dibilang sangat extreme.


Dalam olah raga parkour sendiri ada beberapa teknik dasar dan lainnya merupakan kombinasi. Parkour tidak mengenal usia, tapi kemampuan. Parkour memanfaatkan semua otot tubuh dari tangan hingga kaki.  


Beberapa teknik dasar :
1. wall up 
by google
wall up merupakan teknik dimana seseorang mampu melewati rintangan berupa tembok yang cukup tinggi seperti di gambar. 
















2. kong vault/monkey vault
ini merupakan salah satu teknik untuk melewati suatu rintangan seperti di gambar dengan gaya seperti monyet (monkey/kong).














3. lazy vault
seperti namaya lazy yang berarti malas yaitu melewati rintangan (pagar, tiang pembatas) disamping langsung saja tidak perlu memutar.

















4. roll
yang satu ini merupakan hal penting dan perlu dalam basic untuk mendarat. untuk lebih jelasnya silahkan lihat youtube.






















5. Tic Tac
gerakan ini untuk melewati rintangan di depan namun tidak memiliki ruang yang memungkinkan untuk melakukan kong sehingga dapat menggunakan teknik ini namun harus ada tembok yang tentunya harus berukuran 2x lebih tinggi dari pada rintangan tersebut untuk dilewati.








6. Cat leap


teknik ini cukup penting yaitu ada 2 untuk menggantung dari ketinggian maupun naik dari dasar. Maksudnya mengantung adalah saat kita turun dari tempat yang tinggi tidak mungkin akan langsung ke bawah dan roll, biasanya parkour menggunakan ide sehingga menggantung di tempat yang lebih rendah. Naik maksudnya ; jika rintangan berupa tembok lebih rendah, maka kita tidak perlu menggunakan wall up cukup dengan ini saja.


Oke kalau kita bahas tekik parkour ga bakal habis lebih baik olah raga ini hanya dapat dilakukan oleh ahlinya di tempat yang extreme. Buat yang masih basic lebih baik latihan di bawah organisasi parkour sehingga didampingi oleh ahlinya.

No comments:

Post a Comment