music

Monday, 30 July 2012

Neraka Avici

Agama tradisional Tionghoa (Budha, Tao, dan Kong hu chu) mempercayai adanya neraka. Setiap neraka dipercaya terdapat seorang raja neraka. Pembimbing neraka adalah Ksitigarbha Bodhisattva. Dalam kepercayaan tradisi ada 10 tingkat neraka yang didalamnya terdapat hukuman dan balasan kebaikan.


Dalam tradisi budaya neraka yang paling tegas adalah neraka tingkat lima dengan raja Yan luo Wang / Raja Yama. Beberapa blog dan web di internet tentu sudah cukup banyak membahas soal ini. Dimana saat seseorang meninggal akan roh terangkat dan di jemput (jika orang yang berbuat kebajikan selama hidupnya maka ia akan dijemput guru spritualnya/ dewa yang sering didoakannya, namun jika orang jahat yang meninggal maka ia akan dijemput oleh prajurit neraka yang terkenal seram dan tak kenal ampun bagi yang mlanggar dosa serta ia dirantai).


 Neraka tercipta tanpa pintu maka jika ada orang yang masuk neraka itu karena hawa dosanya setelah meninggal dunia. Pertama-tama mereka setelah meninggal akan menunggu di depan gerbang dimana semua roh orang meninggal pertama akan berkumpul disana. Keadaan neraka diceritakan gelap dan tak kenal ampun. Setiap kejahatan akan diadili tidak terlewatkan hingga sehelai rambut pun.


Selanjutnya mereka akan melewati tingkatan neraka sampai 10 yang pada akhirnya akan renkanasi. Namun tidak semu nya akan renkanasi, jika roh yang terjatuh ke dalam neraka Avici maka kemungkinan untuk renkanasi atau pun keluar dari neraka Avici sungguh kecil. Oleh karena itu sekarang saya akan membahas neraka Avici ini dan neraka lainnya akan saya ceritakan di lain waktu.


Tidak semua dosa yang akan masuk ke dalam neraka jenis ini hanya ada lima dosa yang dapat membuat orang jatuh ke dalam neraka ini. Keadaan neraka ini sunggu mengerikan dengan tembok besi panas dengan tinggi hingga ribuan kilometer sangat mustahil untuk para roh dosa untuk keluar dari tempat ini. Selain itu tempat ini semuanya terbuat dari besi dan juga bersuhu sangat panas. Tempat ini dijaga oleh prajurit neraka. 


Biasanya hanya ada lima dosa yang dapat membuat roh dosa masuk ke dalam neraka ini antara lain :
1. membunuh ayah
2. membunuh ibu
3. membunuh Arahat
4. melukai budha
5. memecah belah sangha



Ini merupakn 5 dosa terberat yang dapat membuat orang masuk ke dalam neraka ini. Oleh karena itu saya ingatkan untuk lebih baik tidak melakukan karma buruk terutama 5 karma diatas. Bukan berarti karma ringan tidak mendapatkan hukuman. Lebih baik kumpulkan pahala supaya terhindar dari neraka. Untuk neraka akan saya bahas lain waktu.


Thanks semoga bermanfaat !!



No comments:

Post a Comment