music

Saturday, 23 June 2012

Makan Bacang

Hari ini merupakan hari makan bacang (bulan 5 tanggal 5 imlek). Hal ini merupakan tradisi orang tionghoa. pada hari sebelumnya tanggal 4 bulan 5, merupakan hari membungkus bacang/ham cung yang terbuat dari ketan yang dikukus matang dan berisi babi/udang yang sudah dimasak dengan kecap (sebagai isi).


bacang/ham cung




Biasanya bacang/ham cung ini akan dibungkus menggunakan daun pandan/bambu dan diiikat dengan tali dari daun/rafia (tapi katanya kalau menggunakan tali dari daun khusus akan lebih wangi). Setelah dibungkus diikat dengan satu rumpun tali (dalam satu tali bisa berkisar antara 10 sampai 50 buah bacang).


Pada hari H yaitu tanggal 5 bulan 5 akan dikukus dan dimakan sekeluarga, namun sebelum makan pagi-pagi harus makan nanas sebagai pencuci perut dan belum boleh makan apa-apa sebelum makan nanas.


Ada juga dalam hal ini memakan kue (thiam pan cung) yaitu merupakan kue yang terbuat dari tepung ketan dan dikukus dengan sebuah cairan khusus yang berwarna kuning. Ada juga yang dibuat berdasarkan ketan yang utuh dengan cara : beras ketan direndam sebelumnya dengan air khusus yang berwarna kuning dan dikukus namun pembungkusannya menggunakan daun pandan/bambu dan diikat dengan tali.


Pada jam 11 biasanya akan pergi ke pantai untuk mandi namun hanya sampai jam 12 karena diatas jam tersebut maka airnya sudah tidak bagus. Kalau bisa dilihat air pantai akan surut sekali. 



No comments:

Post a Comment