Tips Merawat Ikan Cupang

Ikan Cupang atau Betta mudah kita temui di toko-toko penjualan ikan hias. Ikan ini termasuk ikan yang hidup di air tawar dan mudah untuk dipelihara. Ikan ini tidak memerlukan mesin oksigen untuk kelangsungan hidupnya di aquarium. Namun, tahukan anda jika ada hal yang sepela yang dapat membuat ikan Cupang menjadi sakit?

Contohnya dari makanan, salah satunya kutu air. Kita tahu jika kutu air merupakan pangan ikan ini namun tahukah anda jika ada jenis kutu air jet (yang cepat) dapat merusak sirip dan ekor ikan cupang anda? akibatnya menjadi bolong-bolong dan jika aquariumnya jarang di bersihkan dapat membuat tubuhnya di penuhi jamur.

Hasil gambar untuk ikan cupang wiki
Wikipedia
Dari pengalaman saya memelihara ikan ini jika tubuhnya terkena penyakit jamur sangat mudah didapatkan obatnya. Obatnya antara lain:
     1. obat biru
     2. garam

Caranya: campurkan beberapa tetes obat biru (tergantung besarnya aquarium) dan dengan garam sedikit saja dan aduk hingga rata. Tunggu beberapa hari hingga ikan sembuh total.
Perhatian: ikan yang sakit jagan dicampurkan dengan ikan yang sehat. Jika ada ikan yang sakit dan sehat dalam satu aquarium maka, ambil ikan yang sakit dan letakkan di satu wadah terpisah. Sedangkan ikan yang sehat dibersihkan aquariumnya (untuk mencegah penularan penyakit).

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat dan artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga ikan anda sehat...

Comments

Popular posts from this blog

Ringkasan Cerita Sangkuriang

Sejarah Singkat Agama Hindu

Sistem Ekonomi yang pernah dianut oleh Indonesia