music

Wednesday, 30 May 2012

Nunchaku

Nunchaku / Ru Yung / double stick merupakan senjata bela diri yang digunakan dalam olah raga wu shu. Nunchaku umumnya berbentuk 2 batang kayu / besi yang pendek dan disambungkan dengan rantai / tali.


Cara menggunakan umumnya cukup mudah dapat dipelajari di situs web maupun youtube. Nunchaku sendiri berasal dari China namun dikenal sampai ke jepang, korea, dan lainnya. Awalnya nunchaku ini berbatang tiga / triple stick yang dibuat oleh raja dari dinasti china, namun seiring perkembangan waktu orang mengubah tongkatnya ,menjadi 2 karena lebih efektif.


Salah satu master pengguna senjata ini adalah Bruce Lee yang ahli dalam menggunakannya sangat cepat dan penuh teknik. Namun yang perlu diperhatikan dari pelatihannya jagan terlalu memaksakan lebih baik digunakan dengan perlahan-lahan (step by step). Itu lebih baik dibanding dengan menggunakannya telalu cepat.


Nunchaku sendiri ada beberapa kategori yaitu bertali panjang atau pun bertongkat panjang tergantung kebisaan pengguna. Ada yang mengatakan juga bahwa Bruce lee pencipta senjata ini.Senjata ini kini banyak digunakan dalam berbagai kalangan dan berbagai alasan ; lindungi diri, olah raga, dan juga seni bela diri.


Khusus untuk wu shu sudah lama menggunakannya, tapi ada juga digunakan oleh tentara sebagai senjata melawan musuh tanpa senjata api (peraturan perang bahwa musuh tak bersenjata api harus dilawan tanpa senjata api pula).


Senjata ini cukup populer dan mudah ditemukan. Senjata ini juga mempunyai harga yang cukup terjangkau, di online shop banyak yang menjualnya dan di toko-toko juga banyak. Ada yang mengatakan bahwa nunchaku  adalah ton fa, itu salah besar karena tonfa adalah tongkat yang biasa digunakan oleh satpam.


Nunchaku banyak digunakan zaman dahulu saat perang di China, dan juga digunakan oleh ninja jepang saat perang. Dalam game yang sering ditampilkan Dinasti Warrior adalah Ling Tong menggunakan senjata ini.


sekian semoga bermanfaat !!!



1 comment: