Sembahyang Sebelum Imlek

Ko nyen merupakan tahun baru etnis Tionghoa. Pada tanggal ini etnis Tionghoa akan membersihkan rumah masak dan juga pada hari sebelumnya ada sembahyang tutup tahun/ sam sip am pu. Hari-hari sebelum ko nyen merupakan hari yang melelahkan karena harus menyiapkan segala keperluan ko nyen.

sembahyang tutup tahun

sam sip am pu
Dan juga 2 hari sebelum ko nyen ada acara membersihkan altar dewa di rumah dengan cara mengambil patung dari tempatnya kemudian letakkan di baskom/ember yang bersih (baru lebih baik), isi air bersih dan taruh daun  mat cho kemudian cuci hingga bersih. Lalu bersih kan juga semua peralatan sembahnyang (sin pui, hiong kong, dll) ganti kim fa dengan yang baru. Setelah itu keringkan dengan kim ci.

Letakkan kembali ke tempat asalnya dan dan taruh dupa yang terbakar dan gelas yang biasanya diisi teh diletakkan terbalik menutup ke bawah.
saat sam aip am pu

tu ti pak kung

hiong kong

kim fa

sin pui
Setelah itu saat setelah selesai sembahyangnya maka hal yang dilakukan masak-masak untuk makan sam sip am pu.
ada chau mien, po mang kang, ma jiu kai, dan kheu nyuk

Kalau udah gitu ya tinggal besoknya aja "kiung hi sin nyen" udah ntr dapet ang pao deh, tapi pada hari H ga boleh bersih-bersih rumah loh...



Sekiranya berguna info ini dan artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Jika ada saran dan kritik mohon dicantumkan di kolom comment ya...




Comments

Popular posts from this blog

Ringkasan Cerita Sangkuriang

Sejarah Singkat Agama Hindu

Sistem Ekonomi yang pernah dianut oleh Indonesia