music

Monday, 21 May 2012

Hal yang perlu diperhatikan memelihara anak ayam

Anak ayam merupakan fase dimana ayam tersebut masih sensistif, saya punya beberapa hal yang perlu dicatat agar anak ayam tidak cepat mati. Anak ayam sebaiknya diberikan makanan voor (bisa didapatkan di toko penjualan makanan hewan dan burung) dan juga jangan diberi beras (karena bisa cepat  mati). 




From google



Anak ayam juga tidak boleh diletakkan di daerah yang dingin (malam hari di luar) karena dapat memicu cepat mati juga. Lebih baik di letakkan di dalam rumah sehingga suhu tetap terjaga. Anak ayam harus dirutinkan pembersihan kandangnya sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

JIka anak ayam Sudah berumur 2 bulanan anda dapat memberi voor dicampur dengan jagung halus dengan perbandingan 50 : 50 untuk memenuhi kebutuhannya. Bulan-bulan berikutnya terus kurangi voor dan banyakkan porsi jagung sehingga ayam terbiasa.

Jika anda ingin memberi makan lainnya juga bisa seperti kangkung, nasi (bukan beras dan paling tidak harus berumur kurang lebih 7 bulan), dan cacing. Jika ayam sudah berumur kurang  lebih 3 atau 2 bulan lepaskanlah dari kandang (tanah)  sehingga saat sudah besar lebih baik di lepas di tanah jangan dikandang terus.

Saat musim hujan lebih baik diletakkan di dalam rumah saja biar tidak sakit. Jika sakit berikan vitamin kapsul buat unggas dengan cara mencampurkan saja di tempat minumnya (1 hari 2 kapsul pagi malam). Anak ayam juga sebaiknya saat kecil jangan suka terlalu sering dipegang (katanya sih cepet mati).






















No comments:

Post a Comment