music

Monday, 21 May 2012

Bahasa Hakka/Khek

Bahasa Hakka/Khek merupakan salah satu dari beberapa dialek di Cina. Suku Hakka yang bermigrasi ke Indonesia dari China propinsi Fu jian. Suku ini datang ke Indonesia abad 18 pertama melalui kalimantan lalu menyebar ke Bangka Belitung, dan tempat lainnya. Mereka umumnya datang bekerja sebagai penambang karena keahlian mereka dalam menambang.


Untuk bahasa Hakka ini, di setiap tempat memiliki cara pembacaan yang agak sedikit berbeda walaupun hampir 90% relatif sama. Dalam hal ini saya lebih membahas yang ada di Pulau Bangka, umumnya mata pencaharian mereka ada yang bekerja sebagai penambang timah, nelayan (tidak banyak), dan lainnya. Kampung pertama kali yang didiami adalah Kampung gedong/Luk Fun Thew dan rumah-rumah masih menggunakan kayu dan samapi sekarang masih dipertahankan keasliannya.


Untuk daerah penyebarannya di lumut, sungai liat/liat kong, dan lainnya. Biasanya makanan yang yang sering di temukan adalah : pempek (kumpang cai), cu fung moi, jam mien, sau cu nyuk, fung sau nyuk, dan lainnya.


Beberapa keturunan berikutnya juga ada yang datang ke Jakarta dan daerah lainnya. Untuk dialek sendiri agak sedikit berbeda dengan daerah lainnya seperti singkawang. Kalau pernah anda bedakan saja dari bahasanya di internet ada di youtube itu kata-katanya sudah agak beda dikit. walaupun masih bisa dimengerti.


Bahasa Hakka sendiri juga mirip dengan bahasa mandarin seperti :
bahasa indonesia = bahasa Hakka = mandarin
kamu = ngi = ni
cinta = oi = ai
teh = cha = cha
beras = mi = mi
mobil = cha = che 
datang = loi = lai
dewa = sin = shen


tapi tidak semuanya sama seperti :
bahasa indonesia = bahasa hakka = mandarin
saya = ngai = wo
makan = sit = chi


tapi sering saya sering temui antara Hakka bangka dengan singkwang yang berbeda :
bahasa indonesia = hakka bangka = hakka singkawang
tahun = nyen = nyan
orang = ngin = nyin
apa = ma kai= ma ai
ya beda-beda dikitlah tapi masih ngerti juga kan. sekian info dari saya.




  

3 comments: